Tata krama merupakan perilaku yang wajib untuk dimiliki dan diterapkan oleh semua orang, jika dijalankan dengan benar dengan tata krama dan perilaku yang baik Anda pun akan mendapatkan ragam keuntungan bukan hanya di kehidupan sehari-hari namun juga di dunia pekerjaan.
Berikut ini adalah 4 manfaat yang bisa Anda raih jika menerapkan tata krama dengan baik.
1.Mendapatkan pekerjaan impian
Salah satu keuntungan jika Anda memiliki tata karama yang baik adalah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, terutama jika saat ini Anda tengah mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara dengan pihak terkait. Terapkan dengan baik kebiasaan yang tepat dan perilaku yang sesuai saat wawancara berlangsung, apakah itu di ruang kerja, saat undangan makan siang dan kesempatan lainnya.
Yang perlu diingat adalah kesan pertama dan tentunya tata krama serta perilaku yang baik saat wawancara akan mempengaruhi pihak perusahaan menentukan keputusan penerimaan kandidat di perusahaan, untuk itu coba terapkan perilaku dan tata krama yang benar saat wawancara.
2.Bisa mengembangkan karir Anda
Ketika saatnya untuk promosi pihak HR dan atasan tentunya akan melihat bagaimana sikap dan perilaku Anda sehari-hari di tempat kerja. Jika ternyata Anda memiliki track record yang baik di kantor tentunya promosi akan mudah Anda dapatkan, namun jika selama ini Anda tidak menunjukkan sikap yang baik di tempat kerja jangan harap Anda akan mendapatkan pekerjaan.
Hal-hal kecil seperti kebiasaan menggunakan smartphone, membuang sampah sembarang, sembarangan mengkonsumsi makanan di tempat kerja bisa mempengaruhi penilaian atasan Anda, untuk itu coba jaga dan perhatikan sikap Anda di kantor.
3.Menambah jumlah jaringan (networking)
Ketika Anda berkenalan dengan orang baru dan saling bertukar kartu nama, coba lakukan hal-hal sederhana ini, di antaraya adalah megingat dengan baik nama dan perusahaan kenalan baru tersebut serta mengirimkan email atau thank you note kepada kenalan baru sekedar menyampaikan salam dan perkenalan lanjutan kepada mereka. Dengan demikian kenalan baru Anda akan mudah mengenali Anda nantinya di lain kesempatan.
4.Meningkatkan penjualan
Memiliki sopan santun serta sikap yang baik tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang bekerja sebagai penjual atau sales di perusahaan. Bukan hanya jumlah klien yang bertambah serta kepercayaan pelanggan, dengan menerapkan tata krama serta perilaku yang baik Anda juga bisa meningkatkan jumlah penjualan.
(Karirpad)
0 comments:
Post a Comment